Disable Preloader

Ketua TP PPK Kota Langsa Minta Semua Pihak Dukung Pencanangan Pemberian Vitamin A  

Langsa: Ketua TP PKK Kota Langsa Nadia Anwar meminta semua pihak untuk mendukung pencanangan pemberian vitamin kepada balita. Hal itu disampaikannya saat membuka acara Pencanangan Pemberian Vitamin A dan Pemantauan Status Gizi pada Balita yang berlangsung di Komplek Perkantoran Geuchik Gampong Daulat, Rabu (7/8).

“Pencanangan pemberian  Vitamin A ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi stakeholders kesehatan untuk memberikan Vitamin A secara merata kepada bayi dan balita di Kota Langsa ini,” ujar istri Walikota Langsa ini.

Dijelaskannya, Vitamin A merupakan zat gizi yang penting  bagi manusia, zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar. Makanan sumber Vitamin A sebagian besar berasal dari produk hewani beberapa produk nabati terutama sayur-sayuran berwarna seperti wortel, bayam, kol, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat dan kacang polong.

Disamping dari produk alami, Vitamin A juga dapat berasal dari hasil rekayasa yang diperkaya  pada beberapa bahan pangan seperti dalam minyak goreng, margarin dan susu selain itu ada satu sumber Vitamin A yang sangat potensial dan dapat mencukupi seluruh kebutuhan tubuh khususnya pada bayi dan balita yaitu suplementasi Vitamin A  melalui pemberian kapsul Vitamin A.

Lanjutnya, Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan mencegah kebutaan, dan yang lebih penting lagi, Vitamin A dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Anak yang cukup mendapat Vitamin A akan menjadi lebih kebal dan apabila terkena diare, campak atau penyakit infeksi lain, tidak mudah menjadi parah sehingga tidak membahayakan jiwa anak.

“Penelitian di berbagai negara menunjukkan bahwa pemberian suplementasi kapsul  Vitamin A sebanyak 2 kali setahun pada balita merupakan salah satu intervensi kesehatan yang berdaya ungkit tinggi bagi pencegahan kekurangan Vitamin A dan kebutaan serta penurunan kejadian kesakitan dan kematian pada balita,”imbuhnya.

Sebelumya, Kepala UPTD Puskesmas Langsa Kota dr. Muhammad Yusus Akbar meminta kepada para ibu-ibu yang memiliki bayi agar dapat memanfaatkan Posyandu atau Puskesmas untuk memberikan vitamin A dan memantau tumbuh kembang anak, sehingga dapat mengetahui status gizi untuk dapat mencegah terjadinya stunting.(Tim)

Share:

Tinggalkan Komentar Anda