Disable Preloader

Lantunan Zikir Menggema Di Hutan Kota Langsa

Langsa: Seribuan lebih anggota Majelis Ta'lim Sumatera Utara melantunkan zikir di Hutan Kota Langsa, minggu (8/9)

Pantauan di lapangan, sejak pukul 10.30 WIB anggota Majelis Ta'lim dari berbagai Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara mulai memadati lokasi zikir.

Sekira pukul 11.30 WIB anggota Majelis Ta'lim mulai melantun zikir yang dengan dipandu oleh sejumlah pembimbing.

Tampak para jamaah yang mengenakan baju merah ini larut dalam lantunan zikir.

Ketua Forum Silaturahmi Majelis Ta'lim Sumut, Hj. Hikmatul Fadhillah, SH,MM mengatakan, zikir yang dilaksanakan pihaknya dikemas dalam bentuk kegiatan Tadabbur Alam dan Wisata Religi yang diikuti oleh seribu jamaah.

Dijelaskannya, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan silaturahmi dan memperkenalkan wisata Kota Langsa kepada masyarakat Sumatera Utara.

 

"Kehadiran kami untuk melakukan silaturahmi dengan Majelis Ta'lim yang ada di Kota Langsa, selain itu juga sekaligus memperkenalkan destinasi wisata yang ada disini,"imbuhnya.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

Sementata itu, Sekretaris Daerah Kota Langsa Syahrul Thaib, SH, M. AP mengatakan, ibadah tidak hanya dipahami dalam kontek ritual semata, padahal ibadah itu sebenarnya bermakna sangat luas.

Secara umum ibadah dapat dibagi dua, yakni ibadah madhah dan gair madhah. Ibadah madhah dapat dimaknai sebagai ibadah individual atau ritual, yakni yang semata-mata menjadi urusan mkhluk dengan Allah. Ibadah ini menyangkut dengan fardhu ‘ain atau kewajiban individual. Sedangkan, ibadah gair madhah dapat dimanaknai sebagai ibadah yang dapat melibatkan pihak yang lain.

"Ini merupakan ibadah sosial atu fardhu kifayah, seperti menjaga lingkungan hidup, membangun fisilitas umum, mengurusi fakir miskin dan sebagainya,"ujarnya.

Pada kesempatan itu Sekda menyampaikan terima kasih kepada  Forum Silaturahmi Majelis Ta'lim Sumatera Utara yang telah memilih dan memperkenalkan salah satu destinasi wisata kepada masyarakat Sumatera Utara.(Tim)

Share:

Tinggalkan Komentar Anda