Artikel Humas

Profil Langsa

KOTA LANGSA merupakan Salah Satu Daerah yang dibentuk Sebagai Upaya peningkatan Status, dari KOTIF LANGSA menjadi KOTA LANGSA. Landasan Yuridis Pembentukan KOTA LANGSA adalah Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2001, yang diresmikan di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 2001 oleh Menteri Dalam Negeri Atas Nama Presiden Republik Indonesia. Luas Wilayah Kota Langsa, 262,41 Km2 ( Dua Ratus Enam Puluh Dua, koma Empat Puluh Satu Kilometer Persegi ).Atau 26.241 Ha (Dua Puluh Enam Ribu, Dua Ratus Empat Puluh Satu Hektar) terdiri dari 5 (Lima) Kecamatan yaitu : Kecamatan Langsa Kota, Kecamatan Langsa Barat, Kecamatan Langsa Timur, Kecamatan Langsa Baroe dan Kecamatan Langsa Lama, yang membawahi 66 Gampong.

Batas Administrasi Kota Langsa adalah :

- Sebelah Utara, berbatasan dengan : Kabupaten Aceh Timur dan Selat Malaka. 
- Sebelah Selatan, berbatasan dengan : Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Aceh Tamiang. 
- Sebelah Barat, berbatasan dengan : Kabupaten Aceh Timur. 
- Sebelah Timur, berbatasan dengan : Kabupaten Aceh Tamiang. 

 

Jumlah Penduduk Kota Langsa pada Tahun 2016mencapai 168.820(Seratus EnamPuluh Delapan Ribu, Delapan Ratus dua Puluh) Jiwa, sementara pada Tahun 2015berjumlah 165.890(Seratus EnamPuluh LimaRibu, Delapan Ratus Sembilan Puluh) Jiwa, atau meningkat dengan tingkat pertumbuhan 1,73 % (Satu Koma Tujuh Puluh Tiga Persen).

 

Adapun sektor unggulan di Kota Langsa meliputi :

- Bidang Perdagangan, Perhotelan dan Restoran, 
- Sektor Industri, Sektor Pertanian Tanaman Pangan, 
- Sektor Perikanan dan Kelautan, serta Sektor Perkebunan. 

 

Secara Topografi, Kota Langsa terletakpada Dataran Aluviasi Pantai, dengan Elevasi berkisar sekitar 8 (Delapan) Meter dari Permukaan Laut di BagianBaratDaya danSelatan. Dibatasi oleh Pegunungan Lipatan bergelombang sedang, dengan Elevasi sekitar 75 (Tujuh Puluh Lima) Meter.

Aspirasi Masyarakat

Artikel Terbaru